Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 11 November 2017

Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas

Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas - Pernahkah Anda melakukan servis komputer atau laptop yang tiba-tiba sangat lambat? Kemudian oleh pelayan menjelaskan bahwa Ram bermasalah. Sebenarnya apa itu Ram dan apa pengaruhnya terhadap komputer?

Apa itu RAM?

Ram adalah Random Acess Memory. Dimana sebelumnya semua data atau program masuk terlebih dulu ke input dan disimpan dulu ke memori utama. Jadi Ram ini adalah memori utama. Pastinya Ram ini bisa ditulis, di kopi atau dikeluarkan oleh programmer.
Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas
Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas
Ram sendiri adalah salah satu bagian memori dimana, memori sendiri terdiri dari dua bagian Ram (Random acess memory) dan Rom (Read only memory). Sifat penyimpanan Rom bersifat permanen sedangkan sifat Ram tidak permanen atau sementara.

Sifat Ram sendiri sangat tergentung terhadap adanya arus listrik yang biasanya akan digunakan untuk mengolah data yang akan digunakan untuk proses. Ram yang menyediakan penyimpanan data dan aplikasi sementara, daripada harus mencari lagi dan mencari informasi di harddisk setiap saat saat membuka komputer kita butuh secarik data, yah komputer sementara menyimpan file yang sering digunakan di Ram, membuat datanya lebih mudah. mencari.

Saat komputer dimatikan, semua data di Ram akan terhapus atau dipindahkan ke hard drive, lalu menciptakan ruang untuk data baru saat komputer mulai beroperasi lagi nanti.

Sejarah RAM

Mengingat bentuk pertama Ram, maka kita akan kembali ke komputer pertama di tahun 1940-an. Yang mana Memory bergantung pada deret-deret magnet. Data dapat disimpan oleh magnet dari setiap cincin tunggal.

Setiap cincin kemudian ditransfer secara terpisah, sehingga menghasilkan instalasi yang cukup besar. Cincin tunggal dapat menyimpan satu bit data dan arah magnet ditunjukkan dengan angka nol atau satu.

Kemajuan teknologi sekarang memproduksi perangkat yang lebih kecil, yang dapat menyimpan lebih banyak informasi. Misalnya di unit memori foto sekitar 10 x 10 cm dan bisa disimpan ke 1024 bit saat masih di tahun 1960an.

Sebuah terobosan nyata untuk memori komputer dimulai pada tahun 1970 dengan ditemukannya memori solid state di sirkuit terpadu. Ini menggunakan transistor yang sangat kecil, sehingga memungkinkan untuk menyimpan lebih banyak data informasi di area yang sangat kecil.

Namun, kenaikan ini menyebabkan kerapatan memori dan mempengaruhi biaya arus listrik, catu daya konstan yang dibutuhkan untuk menjaga setiap transistor.

Contoh penggunaan RAM

Ram biasanya disebut sebagai memori jangka pendek. Ram adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Ram bekerja dengan menyimpan dan menyediakan data yang diperlukan dimana prosesor membutuhkannya dengan cepat untuk diproses menjadi informasi.

Misalnya saat membuka aplikasi seperti microsoft atau mozilla firefox browser maka prosesor akan membuka program atau aplikasi dari harddisk dan kemudian akan dibuat menjadi memori atau RAM.


Anda juga dapat melihat berapa banyak memori yang diperlukan saat menjalankan aplikasi atau program. Silahkan klik kanan pada panel desktop layar komputer panel anda lalu pilih Task Manager, atau melalui tombol Alt Del pada keyboard. Pada aplikasi lalu tekan, maka akan tampil aplikasi atau program saat ini.

Pada catatan di kolom, ada beberapa digit (yaitu jumlah memori yang dibutuhkan untuk menampilkan aplikasi). Aplikasi yang lebih aktif akan bertambah besar saat memori dibutuhkan.

Bagian-Bagian dari RAM

Ram memiliki 4 bagian utama dalam susunan. Adalah sebagai berikut.

  1. Mengakomodasi input melalui perangkat input atau input storage
  2. Untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diakses atau program penyimpanan.
  3. Menyimpan data untuk diolah dan disimpan disimpan di tempat kerja atau disimpan
  4. Mengakomodasi hasil pengolahan data yang ditampilkan ke perangkat output atau output storage
Data atau masukan yang dimasukkan ke input input disimpan terlebih dahulu di tempat penyimpanan input. Jika input adalah program maka akan dipindahkan terlebih dahulu ke program penyimpanan. Jika input hanya data maka akan dipindahkan ke tempat penyimpanan kerja. Jika ingin menampilkannya ke putpun maka bisa dipindahkan ke output storage.

RAM hubungan dan prosesor

Saat menyalakan komputer, komponen pertama yang berfungsi adalah prosesor. Prosesor memiliki fungsi untuk suatu pengolah data dan permintaan data dari penyimpanan data (storage), Hard Disk (HDD). Ini berarti data dikirim dari Hard Disk setelah permintaan dari prosesor.

Prosesor itu sendiri merupakan komponen digital murni, dan akan mengolah data dengan sangat cepat (bandwidth tertinggi saat ini sebesar 6,4 GB / s dengan FSB 800MHz). Sementara sebagian besar teknologi Hard Disk cukup lambat (Tingkat Transfer Serial ATA HDD berkisar 150 MB / s). Secara teoritis, kecepatan data mulai dari prosesor 46x lebih cepat dari pada Hard Disk.

RAM bekerja untuk membantu menyediakan prosesor data "super cepat" yang dibutuhkan. Fungsi RAM (Random Access Memory) seperti Digital Hard Disk, karena semua komponen Ram telah menggunakan teknologi digital.

Dengan Ram, prosesor tidak perlu menunggu pengiriman data dari Hard Disk. Saat ini, Ram memiliki bandwidth 3,2 GB / s (PC400), agar tidak mengganggu pasokan motherboard saat ini dengan menggunakan saluran teknologi yang bisa melipatgandakan bandwidth 2x dengan zoom 128-bit.


Ram Intalasi merupakan langkah penting

Memasang Ram di mesin itu penting, disamakan dengan memasang udara untuk PC pernapasan. Jika menambahkan Ram berarti menambah suplai udara untuk PC, maka jika PC berjalan lambat mungkin karena Ram tidak cukup.

Jika Anda memiliki PC Windows 2000 setidaknya Anda memerlukan kapasitas Ram minimal 64 MB. Nah jika Anda menginstal lebih dari itu maka kerja PC akan lebih maksimal.

Khusus untuk Anda penggemar game, setidaknya ram yang anda pasang adalah 128 MB. Digunakan untuk profesional desain grafis menggunakan 192 MB sampai 256 MB.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya, semoga informasinya bermanfaat, jangan lupa share ya :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas

0 komentar:

Posting Komentar