Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 13 November 2017

12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 - Sistem operasi Windows berkembang pesat seiring dengan berkembangnya perangkat yang menggunakannya (flatform), bahkan sistem operasi Windows telah merambah ke flatform smartphone dengan lahirnya Windows Phone, meski tidak resmi Windows XP sistem operasi komputer yang sebenarnya bisa digunakan juga pada smartphone.

Kelahiran Windows 7 ini dianggap bisa melanjutkan kesuksesan Windows XP, dan memang terbukti, namun dalam hal "design buzz", Windows 7 nampaknya terus mengusung konsep interface Windows Vista, lain halnya dengan Windows 8, ketika saya pertama kali menggunakan Di notebook, saya merasa tidak menggunakan notebook tapi Tablet PC. (baca juga : kelebihan dan kekurangan windows 7)

Ini benar-benar sesuatu yang baru dan saya suka, beberapa hari sejak penggunaan pertama agak "canggung" karena tidak terbiasa dengan antarmuka dan desain nuansa yang sangat baru, saya bahkan sempat berpikir untuk mengganti sistem operasi Windows 7. Sekali lagi tapi setelah beberapa lama dan terbiasa dengan antarmuka Windows 8, saya mulai berpikir kesuksesan Windows XP dan 7 akan dilanjutkan oleh Windows ini (8 atau 8.1).
12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 8
12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Kelebihan Windows 8

1. Pemberitahuan terpadu untuk hampir semua akun online

Bila Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan untuk berbagai layanan akun online (seperti email dan jejaring sosial), Anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali akun email Anda menerima pesan baru atau permintaan teman baru di akun facebook Anda.

2. Proses booting relatif lebih cepat dari versi Windows sebelumnya

Booting komputer pada sistem operasi Windows 8 untuk masuk ke dekstop hanya menghabiskan waktu sekitar 5 detik saja, tapi tentunya hal itu dipengaruhi banyak hal terutama spesifikasi komputer yang digunakan, tetapi apabila di bandingkan dengan booting versi sebelumnya dari sistem operasi Windows. (dengan spesifikasi yang sama), Anda akan menyadari proses booting Windows 8 dengan sistem operasi yang relatif lebih cepat.

3. Booting dengan UEFI berbasis BIOS lebih aman dengan teknologi Secure Boot

Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) adalah antarmuka perangkat lunak antara sistem operasi dan firmware dari flatform (laptop, adalah flatform yang sedang kita bahas), UEFI juga dimaksudkan untuk mengganti antarmuka firmware Basic Input Output System (BIOS) tersedia di komputer (PC atau kompatibel dengan IBM PC).

UEFI dapat mendukung diagnostik komputer jarak jauh dan perbaikan bahkan jika komputer target tidak memiliki sistem operasi, oleh karena itu komputer berbasis BIOS berbasis UEFI rentan terhadap malware, dengan sistem operasi Windows 8 yang dapat diatasi dengan teknologi boot yang aman.

4. Persyaratan Sistem Minimum adalah "Ekonomis"

Sistem operasi generasi baru umumnya membutuhkan perangkat keras "tinggi" yang relatif lebih tinggi, mungkin Anda pernah punya waktu ketika Windows XP masih sangat populer dan mendominasi, Microsoft merilis Windows Vista dengan persyaratan sistem yang tidak terlalu tinggi untuk spesifikasi komputer saat ini, pada saat itu. Waktu, spesifikasi komputer masih lebih bersahabat dengan Windows XP, oleh karena itu "kesuksesan" Windows XP ini dinilai bisa melebihi Windows Vista.

Lain halnya dengan sistem operasi Windows 8 saat ini, persyaratan sistem bahkan tidak lebih tinggi dari kebutuhan sistem sistem operasi sebelumnya (Windows 7), berikut adalah persyaratan sistem sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 yang saya "contek" dari situs resminya:

Memori 1GB
Prosesor 1GHz, Intel / AMD.
16GB ruang hard disk drive yang bebas.
4GB Pendrive atau USB Drive atau DVD-R untuk instalasi.

Sebagai catatan, saya menggunakan sistem operasi Windows 8 pada Acer Aspire One D255 dengan memori 1GB dan prosesor clock 1.5GHz, sampai saat ini (lebih dari 3 tahun sejak Windows 8 sampai Windows 8.1 - belum diperbarui ke Windows 10) sangat ringan. sistem operasi yang digunakan.

5. Kompatibel dengan semua perangkat lunak untuk versi sistem operasi sebelumnya

Anda mungkin ingin menggunakan perangkat lunak "lama" pada sistem operasi terbaru, menyebutnya karena perangkat lunak sehingga Anda memerlukannya dan tidak ada versi baru, seperti perangkat lunak yang digunakan untuk berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows 95 atau 98, Saat Anda menggunakan (menginstal dan menjalankan) pada sistem operasi Windows 8, perangkat lunak tidak akan beroperasi karena alasan kompatibilitas.

Solusinya mungkin Anda bisa menginstal mesin virtual (seperti VirtualBox) lalu menginstall sistem operasi yang sesuai di dalamnya (misal Windows 98), kemudian jalankan software yang Anda butuhkan pada sistem operasi di mesin virtual, tapi tentu saja akan sangat tidak efisien terhadap penggunaan sumber daya komputer.

Di Windows 8, jika Anda mengalami hal seperti di atas atau yang seperti itu, Anda bisa menggunakan opsi kompatibilitas untuk berbagai sistem operasi Windows mancam, sangat mudah dan sederhana, cukup instal perangkat lunak yang Anda butuhkan, lalu klik kanan pada perangkat lunak yang telah Telah terinstal sebelumnya (apapun shortcut atau file exe) dan pilih properties.

Di jendela Properties, Anda akan menemukan tab Compatibility, klik pada tab, lalu centang opsi "Run this program in compatibility mode for:" di bagian mode Kompatibilitas, menu drop-down (kotak kombo) yang berisi sistem operasi Pilihan akan tersedia, Anda bisa memilih software kompatibilitas dengan berbagai sistem operasi Windows, diantaranya:

  • Windows 95
  • Windows 98 / Windows ME (Edisi Milenium)
  • Windows XP (Paket Layanan 2)
  • Windows XP (Paket Layanan 3)
  • Windows Vista
  • Windows Vista (Paket Layanan 1)
  • Windows Vista (Paket Layanan 2)
  • Windows 7

Entah bagaimana saya tidak bisa menemukan sistem operasi Windows XP (tanpa Service Pack) dan Windows 7 (dengan Service Pack 1), namun Anda bisa mencoba "Compatibility mode" sesuai spesifikasi perangkat lunak yang ingin Anda jalankan.

6. Hasil pencarian di start menu lebih luas

Biasanya saat Anda mengetik kata kunci di kolom pencarian di menu awal (Windows Vista atau Windows 7, Windows XP secara default tidak mendukung pencarian di start menu), hasilnya adalah perangkat lunak yang diinstal pada komputer, namun berbeda saat Anda mengetik. di kata kunci di kolom pencarian di Windows 8.

Hasil yang muncul pada penelusuran di Windows 8 tidak hanya perangkat lunak yang diinstal namun menyertakan file atau folder yang namanya cocok dengan kata kunci, bahkan perangkat lunak yang belum terinstal pada sistem operasi, yang berarti nama atau deskripsi perangkat lunak sesuai dengan kata kunci di Windows Store

7. Terintegrasi dengan Windows Store

Seperti Google Play Store, Windows Store menyediakan perangkat lunak gratis, uji coba dan berbayar yang dapat Anda download dan instal di komputer dengan sistem operasi Windows 8, untuk mengakses Windows Store, Anda diminta untuk masuk menggunakan Akun Microsoft (Outlook, Windowslive, Live, Hotmail, dan sebagainya).

Perangkat lunak yang didownload dari Windows Store tidak sama dengan yang biasa Anda download dari situs penyedia perangkat lunak, Anda tidak mendownload file eksekusi (* .exe) dan kemudian menginstalnya, namun seperti perangkat lunak pada sistem operasi Android Anda - download dan pasang melalui Google Play Store.

Oleh karena itu, Windows 8 mengusung format software yang menurut saya lebih berbasis web namun dengan modifikasi tertentu, sebut saja salah satu software pembuat game Construct2 yang bisa digunakan untuk membuat software untuk sistem operasi Windows 8, jika dijalankan pada operasi Windows 7. Sistem, software (game) akan dijalankan di web browser.

8. Optimal untuk digunakan pada laptop yang mendukung layar sentuh

Sebenarnya sejak generasi sistem operasi Windows XP, perangkat layar sentuh ini didukung dengan sangat baik, namun sistem operasi Windows sebelum Windows 8 lebih khusus untuk digunakan dengan menggunakan pointer (mouse).

Namun lain halnya dengan sistem operasi Windows 8, misalnya saat Anda memilih perangkat lunak, tampilan menu awal akan memenuhi layar monitor sehingga akan lebih mudah dan nyaman bila digunakan pada perangkat dengan layar lebih kecil seperti tablet PC atau notebook.

9. Memiliki antivirus resmi Microsoft bulit - dalam produksi

Windows Defender, nama lain untuk Microsoft Security Essentials yang saya instal secara umum pada sistem operasi Windows 7, pada sistem operasi Windows 8 antivirus telah terinstal secara default, tinggal di update dan komputer dengan sendirinya telah terlindungi dari berbagai ancaman dengan antivirus yang cukup bisa diandalkan

Poin di atas sebenarnya tidak mutlak karena bersumber dari pendapat saya secara pribadi, mungkin ada poin yang saya anggap sebagai keuntungan namun dianggap sebagai kekurangan oerang lainnya, maka akan sangat masuk akal dan tidak perlu diperdebatkan. (baca juga : Pengertian RAM Komputer dan Fungsinya Yang Jelas)

Kekurangan Windows 8

1. Tampilan layar full start menu agak menjengkelkan jika digunakan pada laptop

Ketika saya menginstal sistem operasi Windows 8 pada layar 10 atau 10,1 inci, menu start screen penuhnya cukup nyaman digunakan, namun ketika saya mencoba layar 12 inci atau 14 inci, menu start layar penuh terlihat berlebihan karena Tutup layar monitor laptop yang cukup besar.

Modifikasi menu start yang sangat bagus Saya pikir telah diterapkan pada sistem operasi Windows 10 yang disesuaikan, seperti menu start layar penuh (seperti di Windows 8) untuk notebook atau tablet PC, dan menu start normal pada perangkat dengan layar yang hebat. seperti laptop

2. Jumlah tugas background yang menguras kuota internet

Bagi anda yang menggunakan internet dengan paket kuota "super hemat", pastinya akan banyak berpikir jika ingin menghubungkan laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke internet menggunakan paket kuota yang anda miliki, artikel banyak latar belakang. tugas yang membutuhkan akses internet seperti pembaruan perangkat lunak otomatis (walaupun kita bisa mematikan beberapa fiturnya), update sistem operasi otomatis, update berita dan perangkat lunak dari Windows Store.

Selain itu, sistem operasi Windows 8 menyertakan hasil internet pada hasil pencarian di menu start (walaupun kita hanya mencari software yang terinstal di komputer saja), tidak termasuk update antivirus bawaannya (Windows Defender) yang membutuhkan kuota relatif cukup besar dalam satu update.

3. Masih menggunakan browser web built-in Internet Explorer

Sebagai seseorang yang cukup sering di dunia pengembangan web, mendengar nama browser web built-in pada sistem operasi Windows, Internet Explorer, saya biasanya langsung di bawah perkiraan, bagaimana tidak, karena saya menggunakan Windows XP ke Windows 7, web browser ini hampir sama sekali tidak pernah saya gunakan.

Ada banyak ketidaknyamanan yang saya rasakan saat menggunakan browser web Explorer versi terbaru, termasuk dukungan untuk JavaScript dan CSS (Style) yang entah bagaimana berbeda dari browser web lainnya, oleh karena itu saya selalu menggunakan browser web modern seperti Google Chrome, Opera, Mozilla. Firefox dan lainnya.

Saya sangat menghargai keberadaan built-in web browser Microsoft Edge di Windows 10, meski pada pandangan pertama hampir dalam gaya dengan Internet Explorer, namun Microsoft Edge lebih dekat dengan browser modern dalam hal performa (terutama saya lihat dari web-developing ), mungkin jika Windows 8 memiliki browser web Microsoft Edge built-in, saya tidak akan menggunakan browser web lain.

Poin di atas tidak bermaksud menurunkan (mendiskreditkan) produk, tapi tentu saja hal itu relatif tergantung penilaian masing-masing orang. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows )
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

0 komentar:

Posting Komentar