Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 16 Desember 2017

Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya

Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya - Pada dasarnya komputer terdiri dari Hardware, software, dan brainware. Ketiganya diperlukan agar komputer bisa beroperasi dengan baik. Adapun salah satu perangkat keras penting komputer yaitu keyboard.

Keyboard adalah alat input yang digunakan untuk mengetikkan informasi ke komputer dan menjalankan berbagai instruksi atau perintah ke dalam komputer. Keyboard di Indonesia berarti finger board atau keyboard.

Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya

1. Keyboard QWERTY
Keyboard jenis ini didesain sedemikian rupa sehingga paling sering menjadi bottleneck saat mengetik (pada mesin tik mekanik).

Tata letak keyboard QWERTY ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi mesin tik komersial standar pada tahun 1905.

Pengambilan QWERTY di ambil dari 6 hurup secara berturut-turut setelah baris tombol alfanumerik. Walaupun lebar tata letaknya, namun keyboard QWERTY ini juga memiliki beberapa kelemmahan dan inefisiensi.

Yang paling jelas dari tata letak QWERTY yang tidak efisien adalah mengetik huruf "a" yang paling sering digunakan, tetapi harus di pijit dengan jari kelingking, yang mana jari kelingking ini adalah salah satu jari iyang lemah.

2. Keyboard DVORAK
Jenis keyboard ini diatur sedemikian rupa sehingga tangan kanan penuh dengan lebih banyak pekerjaan daripada tangan kiri.

Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak 10-15 persen lebih efisien daripada tata letak QWERTY.

3. Keyboard KLOCKENBERG
Jenis keyboard ini memperbaiki jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan dua bagian keyboard (kiri dan kanan).

Sisi kiri dan kanan keyboard dipisahkan oleh sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah.

Pada Keyboard KLOCKENBERG yang dibuat lebih tipis dam lebih dekat tombolnya, sehingga saat melakukan pekerjaan akan lebih nyaman dibandingkan dengan Keyboard yang lainnya.

Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.

4. Keyboard Maltron
Jenis keyboard ini dibuat agak tenggelam. Menimbang bahwa bila radius diposisikan untuk diketik, jari-jemari dijamin tidak membentuk garis lurus

Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari saat mengetik sehingga tidak menimbulkan RSI (Repetitive Stress Injuries) bahkan bisa meningkatkan kecepatan mengetik karena yang digunakan adalah 10 jari bukan 8 jari.

5. Chord Keyboard
Untuk memasukan huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan, karena keyboard ini hanya memiliki beberapa tombol antara 4 dan juga 5. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi portable.

6. Keyboard alphabet
Jenis keyboard ini diatur persis seperti pada layout QWERTY atau Dvorak, namun susunan huruf berurutan seperti pada urutan alfabetis.

Tata letak tombol seperti itu akan akan memperlambat kecepatan mengetik, walaupun tata letak ini membantu untuk yang bukan pengguna mesin ketik.

7. Keyboard numerik 
Tata letak keyboard jenis tombol ini bisa dicapai dengan tangan, dengan kata lain mengkhususkan diri pada keypad numerik (keypad numerik). Keyboard ini digunakan untuk masuk dalam jumlah besar.

8. Keyboard Virtual Epic-Bluetooth
Jenis keyboard ini adalah epik virtual bluethooth. Keyboard ini hadir dengan pendaratan dan timbul laser di area datar seperti senter.
Keyboard Virtual Epic-Bluetooth

Sepertinya memiliki bentuk QWERTY dan akan memungkinkan mengetik dengan 350 karakter Permenitnya. Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone atau tablet.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya

4 komentar:

  1. wah ternyata banyak juga ya jenis keyboard
    solder uap

    BalasHapus
  2. Keyboard maltron bentuknya emang gitu ya..🤔🤔 agak aneh

    BalasHapus
  3. Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jenis Jenis Keyboard Dan Penjelasannya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus