Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Minggu, 12 November 2017

Jenis Jenis Socket Processor dan Penjelasannya

Jenis Jenis Socket Processor dan Penjelasannya - Prosesor merupakan komponen penting dari sebuah PC, prosesor ini sering disebut otak dari sebuah mesin komputer. Dalam banyak literatur prosesor ini juga bisa disebut microprocessor atau Central Processing Unit (CPU).

Fungsi utama prosesor adalah menghitung Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan pemrosesan sistem.

Ada banyak jenis prosesor yang telah dibuat oleh produsen teknologi, jika di Indonesia sendiri bisa kita bayangkan jika prosesor itu sendiri diilustrasikan oleh citra perusahaan, seperti Intel, AMD, VIA, Cyrix, yang kemudian biasanya diikuti oleh seri dan Uraian produknya, misalnya seperti Intel Pentium IV - 2,4 GHz, AMD 64 Athlon -3200, Pentium Celeron 2.0 GHz, dan lain-lain.

Jenis Jenis Socket Processor dan Penjelasannya
Jenis Jenis Socket Processor dan Penjelasannya
Kali ini kita akan membahas jenis soket pada prosesornya, Intel dan AMD telah meluncurkan banyak soket berbeda untuk produk prosesor mereka.

Kami akan mulai dari pengembangan prosesor di tahun 2000an, dimana teknologi prosesor Intel dan AMD telah merambah pasar teknologi Indonesia. (baca juga : Fungsi LAN CARD)

Keluarga Intel


  • Socket 423

Socket 423 adalah jenis prosesor soket yang memiliki hitungan pin hitungan 423 pin dan digunakan pada prosesor Intel Pentium generasi pertama, berdasarkan teknologi Willamette Core.

Jenis soket ini memiliki umur pendek dan tidak bertahan lama, karena barang bukti hanya menggunakan Intel dan menghasilkan soket ini kurang dari 1 tahun, yang diganti dengan soket 478.

Socket 423 memiliki banyak kelemahan dalam desain listrik yang tidak memadai untuk meningkatkan kecepatan clock-kecepatan hingga 2,0 GHz.

Pada soket 478 setelah kegagalan soket 423, Intel mengembangkan chip tertanam pada soket 478 "PowerLeap PL-P4 / N", yang dikembangkan untuk memungkinkan penggunaan soket 478 pada soket 423.

  • Socket 478

Socket 478 adalah perbaikan soket 423, soket ini juga dikenal sebagai mPGA478 dan mPGA478B), soket ini memiliki pin pin 478 pin, dan digunakan untuk seri Intel Pentium 4 dan seri Intel Celeron CPU.

Socket 478 diluncurkan menggunakan teknologi Northwood Core, dan dirancang khusus untuk menandingi seri AMD 462-pin Socket A dan Athlon XP pada masanya. Socket 478 kemudian digantikan oleh peluncuran soket baru, yaitu LGA 775.

  • Socket LGA 775

Soket LGA 775 dikenal sebagai soket T, soket ini dirancang untuk komputer desktop. Berbeda dengan seri sebelumnya, seri ini menggunakan nama tambahan yang disematkan di depan nomor seri, LGA atau singkatan dari "Land Grid Array", arti dari kata tersebut adalah bahwa seri LGA 775 tidak memiliki lubang soket, dan sebagai gantinya.

LGA 775 memiliki 775 pin yang berbentuk menonjol, hal ini berlaku untuk seri LGA lainnya.

Socket kemudian digantikan oleh soket LGA 1156 dan LGA 1366 setelah sebelumnya menjadi raja di pasar teknologi komputer desktop.

  • Soket LGA 1156

Soket LGA 1156 juga dikenal sebagai Socket H, soketnya dirancang untuk mengganti soket LGA 775 sebelumnya. Perbedaan pada soket sebelumnya, teknologi prosesor LGA 775 terhubung langsung ke chipset northbridge yang menggunakan Front Side Bus (FSB).

sementara LGA 1156 sebenarnya mengintegrasikan fitur sedrhana yang tertanam di northbridge ke dalam prosesor itu sendiri.

  • Socket LGA 1155

Soket LGA 1155 juga dikenal sebagai soket H2, soket LGA 1155 yang dirancang untuk keluarga prosesor Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge.

Perbedaan paling mendasar keduanya adalah pada dukungan memori, pada prosesor Sandy Bridge telah mendukung memori hingga DDR3-1333. Sementara di Ivy Bridge mendukung hingga DDR3-1600.

  • Socket LGA 1150

Soket LGA 1150 dikenal sebagai soket H3, soket ini mendukung rangkaian prosesor Hasswell dan rangkaian prosesor Broadwell.

Prosesor Hasswell dan Broadwell masih merupakan keluaran baru untuk seri prosesor desktop sejak diluncurkan pada pertengahan 2015. (baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi )

Keluarga AMD


  • Socket 462

Socket 462 atau biasa disebut soket A adalah rangkaian soket keluaran AMD pada tahun 2000an, soket ini memiliki konektor 462 pin dan dirancang untuk prosesor seri AMD Athlon XP, Duron, dan Sempron.

Tidak seperti soket seri Intel 423 yang diluncurkan pada tahun yang sama, soket ini lebih tahan lama, bahkan soket ini telah digunakan sejak prosesor Athlon, seperti yang kita ketahui bahwa prosesor Athlon memiliki 4 generasi termasuk Barton, Thoroughbred, Palomino. , AthlonXP, dan Thunderbird.

  • Socket 754

Setelah generasi soket 462 berakhir, AMD meluncurkan penggantinya yaitu Hammer atau biasa disebut generasi K8.

Sebelum akhirnya soket ini diprioritaskan untuk kelas prosesor low-end, semua prosesor generasi K8 telah menggunakan tipe soket 754. Prosesor yang pernah mencicipi soket ini adalah Athlon 64 dan Sempron K8.

  • Socket 939

Socket 939 dirancang untuk penggunaan prosesor mid-high atau middle segment. Socket 939 telah banyak berubah dibanding seri soket soket pendahulunya 754, soket 939 telah mampu mendukung DDR2 pada saat itu.

Socket 939 pada waktu itu bisa digunakan oleh prosesor seperti generasi Athlon64 dari Venesia dan yang lebih tinggi, Athlon64 X2, Athlon Fx, Opteron, dll. Kerugiannya adalah, prosesor yang mendukung socket ini masih mahal sehingga umur Socket 939 tidak Begitu lama sampai seri AM2 muncul untuk memecahkan masalah.

  • Socket AM2

Socket AM2 diluncurkan dengan harapan besar agar bisa hidup lama dari soket pendahulunya, soket ini dibuat dengan ide untuk menjadi soket universal, tujuannya agar konsumen yang akan melakukan upgrade komponen tidak harus mengganti motherboard.

Sebagai bukti, socket ini bisa digunakan pada prosesor generasi Athlon64 Orleans dan yang lebih tinggi, Athlon X2 generasi berikutnya Windsor, Athlon FX, dan generasi Sempron Manila ke atas.

  • Socket AM3

Socket AM3 sudah memiliki dukungan untuk DDR3 dan Hypertransport hingga 3200 MHz. Socket AM3 dirancang untuk prosesor AMD 8xx, dan kompatibel dengan prosesor Phenom II, Athlon II, dan Sempron.

Prosesor menarik yang satu ini dengan soket AM2 tidak kompatibel dengan soket AM3, tetapi tidak sebaliknya prosesor yang kompatibel dengan soket AM3 akan digunakan juga pada soket AM2.

  • Socket AM4

Socket AM4 adalah soket terbaru yang akan diluncurkan oleh AMD. Socket AM4 diharapkan hadir dengan dukungan memori DDR4, soket AM4 juga disebutkan kompatibel dengan prosesor seri FX terbaru atau seri APU dengan arsitektur AMD yang baru pula.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Socket Processor dan Penjelasannya

2 komentar:

  1. postingan yang bagus min dan bermanfaat juga
    power supply hp

    BalasHapus
  2. Jenis Jenis Socket Processor Dan Penjelasannya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jenis Jenis Socket Processor Dan Penjelasannya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jenis Jenis Socket Processor Dan Penjelasannya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus