Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 13 November 2017

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kali ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan windows 7, dan berikut ini langsung penjelasannya :
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kelebihan Windows 7


1. Stabil dan Lengkap

Kita sering mendengar keluhan tentang Windows yang kurang stabil 10. Ini jarang ditemukan di Windows 7.

OS ini sangat stabil. Kompatibilitas dengan perangkat lunak pihak ketiga juga cukup tinggi. Jarang terjadi bahwa aplikasi macet mengganggu performa OS.

Selain itu driver yang kompatibel dengan Windows 7 ini sangat lengkap. Anda tidak akan kesulitan menyesuaikan perangkat keras dengan Windows 7, terutama jika Anda menggunakan perangkat keras 2016 - Karena beberapa produk perangkat keras 2016 dan yang lebih tinggi dibuat khusus untuk Windows 10.

2. Mudah Menemukan Perangkat Lunak yang Kompatibel untuk Kegiatan Kerja dan Produktif

Jika Anda seorang pekerja atau perusahaan yang membutuhkan banyak perangkat lunak pendukung kerja, maka Windows 7 adalah jawabannya. Pembuat software rata-rata untuk perusahaan tidak terburu-buru meng-upgrade perangkat lunak untuk versi yang lebih tinggi, karena masih khawatir OS baru tersebut belum stabil.

Berkaitan dengan hal ini, memang saat Windows 10 dirilis, masih banyak yang menanti dan melihat pengembang, jangan terburu-buru mengembangkan software untuk Windows 10. Inilah sebabnya mengapa Anda akan menemukan software yang lebih lengkap di versi Windows 7.

3. Multimedia lengkap

Ini bisa dimengerti. Karena perkembangannya yang panjang, hampir semua multimedia kompatibel untuk dimainkan di Windows 7. Ketika saya menggunakan pemutar video bawaan Windows 10 (Film dan TV), ada beberapa format yang tidak dapat dimainkan, dan tidak mungkin untuk mengupdate codec, jadi alternatifnya cuma saya harus menggunakan multimedia player pihak ketiga.

Ini berbeda dengan Windows 7 yang memiliki codec lengkap, jadi jika Anda berada di bidang multimedia, maka Windows 7 akan lebih mudah untuk membantu Anda.

4. Kurva Belajar Lebih Mudah

Dengan tampilan yang praktis dan sederhana, sehingga windows 7 mudah di pelajari. Dibandingkan dengan Windows 10, yang terkadang memiliki dualisme di UX-nya, maka Windows 7 pastinya lebih mudah digunakan. Inilah salah satu kelebihan penggunaan Windows 7.


Kurangnya Windows 7

Selain kelebihan ini, tentu saja Windows 7 memiliki banyak kekurangan, terutama jika Anda menggunakannya di tahun 2017. Berikut adalah beberapa kelemahan Windows 7!

1. Virus lebih rentan

Tren malware akhir-akhir ini yang menyerang secara global seperti Wannacry dan Petya, kebanyakan menyerang Windows 7 atau lebih tua.

Selain keakraban teknologi pembuat malware, Windows 7 juga memiliki basis pengguna yang sangat menguntungkan untuk mendapatkan keuntungan finansial bagi hacker atau pembuat virus.

Bertahan hidup di Windows 7, juga berarti kita terkena potensi virus atau malware.

2. Dukungan akan berakhir di waktu dekat

Meski dikatakan dukungan untuk Windows 7 berakhir pada 13 Januari 2015, akhirannya adalah dukungan utama, yang berarti Microsoft menghentikan peluncuran perubahan, fitur dan fungsionalitas baru - dan tidak lagi menanggapi klaim garansi terkait OS.

Namun sebenarnya, Windows 7 masih memiliki dukungan keamanan yang berlaku sampai 14 Januari 2020. Pembaruan keamanan memastikan OS terlindungi dari ancaman digital terbaru.

Jika dukungan keamanan ini berakhir, maka pilihannya hanya meng-upgrade atau membeli perangkat yang lebih baru.

Anda masih memiliki sekitar tiga tahun untuk menikmati Windows yang aman 7. Setelah itu, Microsoft tidak lagi menjamin keamanan perangkat Anda.

3. Update yang Merusak

Salah satu yang mengganggu Windows 7 adalah update besar dan menyebalkan. Microsoft rajin merilis update dan volume yang cukup besar sehingga kemungkinan membuang kuotanya.

Pada Pembaruan Pembuat Windows 10, ini telah diselesaikan hanya dengan mengirimkan file yang dibutuhkan untuk pembaruan, sehingga nantinya akan memerlukan lebih sedikit data untuk diperbarui.

4. Mudah Install Software

Jumlah perangkat lunak pihak ketiga yang kompatibel dengan Windows 7 seperti pisau bermata dua. Sistem registry yang digunakan oleh Windows membuat registry sampah menumpuk lebih cepat dan secara bertahap membuat Windows 7 menjadi melambat.

Meskipun Windows 10 memiliki kecenderungan yang sama, namun jika Anda menggunakan UWP dan pihak ketiga yang berwenang (seperti Adobe dll), Anda dapat mencegah Windows 10 dari sampah menumpuk registri.

Windows 10 S dibangun dengan dasar pemikiran seperti itu. Oleh karena itu, Microsoft kemungkinan akan memimpin pengembang untuk mengembangkan aplikasi berbasis UWP sehingga dapat menjamin kualitas pengalaman pengguna untuk Windows 10.

5. Kompatibilitas dengan Perangkat Keras Baru Terbatas

Banyak perangkat keras rilis baru tidak lagi kompatibel dengan Windows 7, seperti AMD Ryzen dan prosesor Intel Core i7 terbaru.

Tindakan ini kemungkinan akan dilakukan oleh Microsoft untuk mendorong pengguna memanfaatkan Windows 10 yang merupakan edisi terbaru OS Microsoft yang mendapat dukungan penuh dari raksasa perangkat lunak ini.

Jadi jika Anda berharap bisa membangun PC dengan hardware terbaru, maka kemungkinan Anda tidak akan bisa memanfaatkan Windows 7 lagi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

1 komentar: