Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer

Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer

Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer - Modem ADSL sama dengan beberapa modem pada umumnya, yang memiliki fungsi utama menghubungkan komputer ke router atau koneksi telepon yang kemudian dapat menghubungkan komputer ke internet dan berbagai jenis jaringan komputer lainnya.

ADSL

ADSL sendiri adalah singkatan dari Asychronus Digital Subscriber Line, yang jika dipahami secara harfiah ke bahasa Indonesia, adalah penerima jaringan digital asimetris. ADSL adalah bentuk pengembangan DSL atau Digital Subscriber Line.

Perbedaannya adalah transfer data dilakukan dengan menggunakan modem asimetris, yang berarti ada perbedaan kecepatan transfer data dari satu sisi ke sisi lainnya. (baca juga : 12 jaringan perangkat keras komputer : fungsi beserta gambarnya)

Dengan modem ADSL ini, dimungkinkan untuk splitter, dimana percakapan telepon bisa terus berjalan saat modem terhubung jg ake di jaringan internet. Jarak transmisi dari ADLS cenderung sempit, yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer saja, dan biasanya digunakan di dalam area perkantoran.

Awalnya, modem ADSL masih menggunakan kabel telepon biasa, yang kemudian bisa diterapkan dengan menggunakan kabel yang terbuat dari serat optik, yang lebih efisien dan juga lebih cepat dalam memberikan sinyal dan paket data.

Sejarah Singkat ADSL
Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer
Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer

Fungsi modem Adsl Sebelum ADSL terbentuk, pada awalnya ada sistem yang kita kenal dengan nama dial-up, dimana ponsel bekerja secara langsung sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan internet. Kendati demikian, ternyata sistem dial up yang menggunakan kabel telepon ini memiliki banyak kekurangan, seperti sistem telekomunikasi berkecepatan rendah dan juga non-fungsional menggunakan ponsel.

Modem ADSL kemudian dikembangkan untuk mendukung dan juga menutupi kekurangan yang muncul pada koneksi dial up konvensional. Berada di bawah naungan modem DSL, modem ADLS kemudian diperkenalkan ke publik, dan menjadi pilihan yang banyak digunakan pada saat itu, di mana ISP belum banyak didirikan.

Di Indonesia sendiri, modem ADSL diperkenalkan oleh PT telkom untuk mendukung formasi ISP telkom, yaitu Speedy yang menggunakan jaringan telepon rumah untuk dapat terhubung dengan dunia internet.

Di gunakan, mungkin saat di imodem ADSL jarang digunakan, mengingat banyaknya ISP yang menggunakan transmisi sinyal nirkabel dan juga tidak perlu menggunakan telepon rumah dalam menerapkannya untuk terhubung ke internet. (naca juga : 8 kelebihan dan kekurangan windows 10 pro final)

Fungsi

Modem ADSL sendiri memiliki beberapa fungsi utama, berdasarkan aplikasinya di masyarakat luas. Inilah fungsinya dari modem ADSL

1. Bagi frekuensi pengiriman

Fungsi modem ADLS yang pertama adalah membagi pembawa frekuensi. Saat menghubungkan dial up, frekuensi yang diterima tidak dapat dibagi, sehingga menyebabkan percakapan telepon tidak dapat dilakukan saat menghubungkan internet.

Namun, berkat modem ADSL ini, frekuensinya bisa dibagi menjadi 2, yaitu frekuensi tinggi yang digunakan untuk mengantarkan data dan melakukan koneksi internet, serta frekuensi rendah untuk percakapan telepon maupun fax. Dengan menggunakan modem ADSL ini, maka Anda sekarang bisa melakukan percakapan saat menghubungkan internet menggunakan ponsel Anda secara bersamaan.

2. Menyediakan koneksi internet menggunakan telepon rumah

Sebagai perangkat keras jaringan komputer, fungsi kedua adalah memberikan kepraktisan kepada pengguna. Hampir semua rumah memiliki jaringan telepon rumah, yang nantinya bisa terhubung ke internet. Jaringan ini dengan menggunakan modem ADSL memungkinkan pemilik rumah mudah terhubung ke internet, tanpa perlu repot pengaturannya. Karena biasanya, bila seseorang akan berlangganan, modem ADSL sudah termasuk dalam paket sehingga tidak perlu melakukan instalasi sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan modem ADSL

Serupa dengan fungsi router, modem ADSL juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Yang pertama, adalah keuntungannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari modem ADSL:

Kelebihannya
  • Bisa melakukan panggilan telepon sambil melakukan koneksi internet
  • Ini memiliki data dan berbagi data suara
  • Tidak memerlukan pemasangan kabel baru
Beberapa kelebihan modem ADSL membuat penggunanya menjadi lebih nyaman dalam terhubung ke jaringan internet, jadi tidak perlu khawatir dengan gangguan telepon rumah mereka saat menghubungkan internet. Namun, ada beberapa kekurangan yang ternyata menyebabkan koneksi menggunakan modem ADSL saat ini tidak populer dan biasa digunakan.

Kekurangannya

Berikut adalah beberapa kelemahan dari modem ADSL:
  • Belum mendukung penggunaan serat fiber
  • Terkena jarak antara ponsel dan PC, atau jarak antara Phone dan gardu induk, semakin jauh, kecepatannya akan melambat, dan sebaliknya.
  • Penggunaan modem ADSL hanya didukung oleh beberapa sistem operasi, sistem operasi seperti Mac OS tidak mendukung fungsi modem ADSL.
  • Adanya kumparan beban, yang kerap mengganggu performa modem, karena bisa menyebabkan ketidaksesuaian jalur modem ADSL.
  • Kecepatan tidak stabil, tergantung pada kondisi tiang tinggi yang dimiliki ISP sebagai penyedia layanan modem ADSL.
  • Kualitas koneksi internet tergantung pada kondisi cuaca
Kekurangan saat ini memanfaatkan modem ADSL menjadi kurang populer. Oleh karena itu, sekarang lebih banyak digunakan konektivitas menggunakan wirelles atau fiber optic yang memberikan kecepatan internet lebih cepat daripada menggunakan modem ADSL.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fungsi Modem ADSL Pada Suatu Komputer

1 komentar: