Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 11 November 2017

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows - Kekurangan dan kelebihan windows Microsoft yang paling dikenal masyarakat adalah harga mahal dari kekurangan, dan sangat mudah digunakan untuk keuntungannya. Anda pasti sudah tahu tentang salah satu sistem operasi komputer yang satu ini.

Ya, Microsoft Windows adalah salah satu pelopor pengembangan sistem operasi terdepan di dunia komputer, yang bersaing dengan banyak sistem operasi lain, seperti Linux, Mac, dan Android. Saat ini, Microsoft Windows sepertinya telah terinstal di berbagai komputer dan di berbagai belahan dunia, untuk banyak kepentingan.

Microsoft Windows memiliki karakteristik - karakteristik logo yang berbentuk jendela seperrti yang sedang terbang, dengan menggunakan warna dasar yang khas berwarna biru. Sampai saat ini, Microsoft Windows telah berada di banyak generas, dan yang terakhir, yang dia katakan akan menjadi generasi terakhir Microsoft Windows yaitu Microsoft Window 10, yang disebut-sebut sebagai sistem operasi Microsoft Windows terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Sejarah Microsoft Windows

Microsoft Windows yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1983, saat itu, Microsoft Windows meluncurkan Ms-DOS yang dibuat kompatibel dengan PC buatan IBM, sebuah perusahaan teknologi komputer utama saat itu. Setelah Ms-DOS berhasil dikembangkan dan diluncurkan, Microsoft Windows mulai mengembangkan hasil penelitiannya, yang kemudian meluncurkan Windows generasi pertama, yaitu Microsoft Windows 1.0 pada tanggal 20 November 1985.

Microsoft Windows 1.0 telah memiliki banyak kekurangan dan juga keterbatasan, dan kemudian dikembangkan kembali menjadi Microsoft Windows versi 2, yang terdiri dari Microsoft Windows 2.x, Microsoft Windows 2.1x.

Saat ini, sistem operasi Microsoft Windows dituntut oleh Macintosh, karena gagapnya meniru desainnya. Oleh karena itu, Microsoft Windows kembali mengembangkan Microsoft Windows 3.0 berikutnya. Sistem operasi Microsoft Windows yang diluncurkan pada tahun 90an sukses besar, dengan penggunaan pengguna yang tinggi, yang dibuat Microsoft semangat semangat untuk terus dikembangkan, hingga saat ini diklaim sudah terbentuk generasi terakhirnya, yaitu Microsoft Windows 10.0.

Kelebihan Microsoft Windows

Kelebihan microsoft windows yang tidak akan ditolak adalah kemudahan penggunaan. Sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, Microsoft Windows pasti memiliki banyak kelebihan. Keunggulan ini membuat Microsoft mampu bertahan dan menjadi salah satu sistem operasi terbesar di dunia, bersaing dengan MacOS. Apa keuntungan dari Microsoft Windows? Inilah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Windows:

1. Sistem dan juga user friendly interface / Mudah digunakan

Salah satu hal yang menyebabkan Microsoft Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di dunia ini adalah karena sistemnya dan juga user friendly interface. Hal ini membuat banyak orang mudah mengoperasikan Microsoft Windows.

Hal ini didukung oleh fitur yang memudahkan pengguna untuk menggunakan komputer. Selain itu, Microsoft Windows juga menyediakan berbagai alat yang bisa digunakan oleh pengguna untuk memecahkan masalah - masalah yang terjadi pada sistem operasi.

Desain dan juga tampilan windows itu sendiri dianggap mudah dimengerti, dan juga sudah banyak familiar di mata orang, sehingga membuat Microsoft Windows menjadi salah satu pengembang sistem operasi terbesar di dunia.

2. Pilihan banyak aplikasi dan melimpah

Bagi anda yang memiliki komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, tentunya Anda tidak akan pernah mengalami masalah dalam pemilihan aplikasi. Ya, aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Windows berlimpah dan melimpah.

Mulai dari aplikasi dasar, seperti pemutar lagu, hingga aplikasi superuser yang bisa membuat program juga tersedia di platform sistem operasi Microsoft Windows. Karena itu, dengan banyaknya dukungan aplikasi, baik gratis maupun berbayar, maka hal ini membuat Microsoft Windows memiliki banyak penggemar dan pengguna di seluruh dunia.

3. Miliki fitur pemecahan masalah yang bermanfaat

Apakah Anda mengalami masalah dengan program dan juga aplikasi yang Anda jalankan? Atau mungkin perangkat keras Anda sedang mengalami masalah dan juga gangguan pada perangkat lunak driver? Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena Microsoft Windows memiliki fitur troubleshooting, yang akan memudahkan Anda dalam menemukan masalah inti yang timbul saat Anda menjalankna sebuah aplikasi.

Dengan pemecahan masalah ini, Anda dapat membantu memecahkan masalah yang Anda alami, seperti menemukan versi driver terbaru secara online, melakukan perbaikan korup, memeriksa kompatibilitas aplikasi, dan banyak lagi. Fitur ini juga salah satu kelebihan dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft Windows.

4. Mendukung banyak sistem partisi

Sistem partisi yang didukung oleh Microsoft Windows juga cenderung cukup banyak, seperti NTFS, exFat, FAT 32 dan masih banyak lagi. Ini memungkinkan Anda menggunakan banyak sistem format partisi umum yang ada di pasaran untuk digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows.

5. Kompatibel dengan aplikasi perkantoran

Salah satu hal yang membuat Microsoft Windows menjadi banyak digunakan di dunia adalah banyak sistem resminya pilihan. Bahkan mereka yang menggunakan sistem operasi Mac OS juga ttap menginstal aplikasi Microsoft Office Windows.

Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kantor yang dimiliki Microsoft Windows sangat bagus dan juga sangat berguna bagi pengguna. Hal ini membuat Microsoft Office menjadi aplikasi perkantoran yang banyak digunakan di perkantoran dan institusi secara luas, meski aplikasinya berbayar dan juga memiliki harga yang cukup mahal.

6. Banyak programmer yang mengerti Microsoft Windows, begitu mudah berkembang dan juga ditingkatkan

Kelebihan lain dari Microsoft Windows adalah dukungan pengembang atau pengembang. Hal ini terkait erat dengan kesalahan pemecahan masalah atau kegagalan sistem lainnya yang muncul pada Microsoft Windows. Jumlah pemrogram yang mengerti tentang Microsoft Windows membuat pengembangan dan juga perbaikan kesalahan pada sistem operasi ini menjadi lebih mudah.

Bagi pemrogram, Microsoft Windows cukup mudah dipahami secara mendalam, tidak seperti sistem operasi Mac OS yang cenderung sulit digunakan sebagai superuser.

7. Dukung berbagai jenis perangkat keras jaringan komputer

Microsoft windows juga mendukung berbagai perangkat keras jaringan komputer sehingga Anda bisa menggunakan berbagai jenis jaringan komputer di komputer Anda.

Kurangnya Microsoft Windows

Meski memiliki banyak kelebihan, namun ternyata Microsoft Windows juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Microsoft Windows:

1. Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi untuk versi dasar dan rumah

Kelemahan pertama dari sistem operasi Microsoft Windows adalah harganya. Ya, sistem operasi Microsoft Windows diatur dengan harga yang cukup tinggi untuk Basic dan juga versi rumah.

Untuk versi tertinggi sistem operasi Microsoft Windows juga dijual dengan harga jutaan. Lisensi yang dianggap terlalu tinggi adalah salah satu kekurangan Microsoft Windows, yang memicu banyak aksi pembajakan sistem operasi Microsoft Windows di dunia.

2. Rentan terhadap serangan virus

Microsoft Windows juga dianggap sangat rentan terhadap gangguan virus. Hal ini membuat banyak komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows menjadi lebih sering terserang virus bila dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Hal ini juga membuat perkembangan virus pada sistem operasi Microsoft Windows semakin meningkat dan banyak bermunculan, yang tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan pengguna Microsoft Windows itu sendiri.

3. Keamanan yang mudah diretas

Kelemahan lain yang ada pada sistem operasi Microsoft Windows adalah keamanannya masih dianggap tidak baik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya hacker yang mampu membuat versi bajakan dari sistem operasi Microsoft Windows yaitu dengan menggunakan crack.

Sampai saat ini, Microsoft Windows masih belum lepas dari penindasan keamanan, yang merupakan proses pembajakan sistem operasi Microsoft Windows. Kejadian ini bisa menyebabkan komputer sering hang dan bermasalah.

4. Update Terlalu Cepat

Kelemahan Microsoft Windows yang paling terasa adalah upgrade yang cukup cepat, bisa dibayangkan, mulai windows xp, windows 7, 8 dan sekarang windows 10, apakah anda siap untuk terus upgrade? Belum tentu perangkat lunak yang Anda gunakan saat ini mendukung pengembangan sistem operasi windows.

5. Patch ada patch disini

Pernah mendengar istilah service pack di windows? Paket layanan ini adalah salah satu teknik "tambal sulam" Microsoft yang cukup mengganggu sebenarnya, jika Anda lupa mendownload dan menginstal, dapat dipastikan Anda akan mengalami masalah.

6. Menggunakan RAM Cukup Besar

Ram komputer yang akan digunakan untuk menginstal sistem operasi ini cukup besar, jadi Anda harus cukup menyediakan ram untuk menggunakannya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Microsoft Windows. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

2 komentar:

  1. windows kan emang rentan terhadap virus
    itu yang bikin kzl
    solder uap

    BalasHapus
  2. Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Windows >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Windows >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Windows >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus