Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sabtu, 16 Desember 2017

Pengertian VGA Card Komputer dan Fungsinya

Pengertian VGA Card Komputer dan Fungsinya - Pengertian VGA Card atau graphics card adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses dan menerjemahkan data grafis komputer ke layar. Kartu VGA ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai prosesor dan juga membutuhkan memori.
Pengertian VGA Card Komputer dan Fungsinya
Pengertian VGA Card Komputer dan Fungsinya

Umumnya kartu grafis atau kartu VGA dapat dianggap sebagai komponen penting, dan juga bisa dianggap sebagai komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan setiap pengguna komputer.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah tertanam langsung pada motherboard (VGA card onboard), jadi jika pengguna komputer hanya menggunakan komputer untuk kegiatan multitasking seperti microsoft office, atau browsing, maka tidak perlu menggunakan Kartu VGA dengan spesifikasi tinggi.

Namun, jika pengguna komputer menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang membutuhkan tampilan grafis tinggi, maka kewajiban hukum untuk menggunakan VGA Card ini, bisa menggunakan model ATI atau Nvidia.

Sejarah VGA Card

VGA Card adalah salah satu teknplogi yang termasuk dalam kategori baru, karena bila dilihat dari saat pembuatan komputer, untuk memasarkan VGA Card secara komersial, terpaut kurang lebih 30 tahun. Komputer atau komputer super telah berkembang di sekitar era 40-50, sementara VGA Card mulai dijual secara komersial di era 80an, tepatnya pada 1987 oleh perusahaan teknologi raksasa, IBM (International Bussiness Machine).

Perkembangan VGA Card mulai berkembang pesat, terutama saat mulai booming kebutuhan 3D dan juga kebutuhan grafis dari pengguna dan juga pengguna komputer, yang akhirnya muncul banyak generasi VGA Card sampai saat ini. Berikut adalah beberapa jenis VGA Card yang pernah dibuat dan dipasarkan:
  • S3 ViRGE
  • ATI RAGE 3D
  • NVIDIA NV3
  • NVIDIA NV4
  • Seri NVIDIA GEFORCE
  • Seri ATI RADEON
Beberapa jenis VGA Card di atas adalah beberapa VGA yang populer di kalangan pecinta dunia grafis dan juga 3D, yang saat ini masih mengembangkan dan meluncurkan banyak produk VGA Card baru dan semakin canggih. (baca juga : kanghaifa)

Jenis Kartu VGA

Jenis Memori Berbasis Kartu VGA

Tipe VGA Card atau VGA card berdasarkan klasifikasi memori yang digunakan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Dynamic RAM (DRAM)

VGA Card DRAM biasanya digunakan oleh komputer dengan spesifikasi umum yang tidak terlalu memperhatikan kecepatan tinggi dan pilihan warnanya banyak. Kecepatan DRAM biasanya 80ns / 70ns disematkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit atau 32 bit.

2. EDO RAM

VGA Card EDO RAM biasanya digunakan pada komputer dengan kartu grafis 64 bit. EDO RAM memiliki kecepatan 60ns-35ns yang disematkan di Winfast s280 / 2600 VGA Card 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 dan lainnya.

3. SGRAM (VRAM)

VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) biasanya digunakan oleh komputer dengan kartu grafis kelas tinggi, seperti komputer untuk akselerator 3D. Kecepatan SGRAM ini kurang dari 10ns, jadi banyak digunakan pada kartu VGA seperti Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro dan lainnya.

4. RAMBUS

VGA Card RAMBUS biasanya digunakan pada mesin video game seperti Nitendo atau Sega. Jadi, graphics card ini hanya di produksi terbatas oleh Creative Labs seperti MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D dan Graphic Blaster xXtreme.

Jenis Kartu VGA Berdasarkan Bentuk Fisik

Tipe VGA Card berdasarkan bentuk fisik terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Kartu VGA ISA (ISA 8 bit 1981, ISA 16 bit 1984)

Kartu VGA Card atau ISA VGA adalah tipe VGA Card lama yang memasang slot pada bus ekspresi ISA (Industry Standart Architecture) pada komputer yang menggunakan 8 biat atau 16 bit system. Jenis kartu VGA ini tidak digunakan lagi saat ini, karena VGA ISA diketahui memiliki grafis kecepatan transfer data yang lambat dan kombinasi warna yang terbatas.

2. Kartu VGA EISA (1988 EISA 32 bit)

Kartu VGA Card atau VGA EISA ini adalah tipe VGA lama serta pemasangan slot pada ekspansi EISA (Extended Industry Standart Architecture) pada komputer 32 bit. Kartu VGA ini sama dengan model VGA ISA yang belum pernah digunakan lagi kualitas pengiriman data karen, kehalusan gambar dan kombinasi warna kurang maksimal.

3. VGA Card PCI (1993 32 bit dan 64 bit)

Kartu VGA atau PCI VGA card adalah tipe VGA yang terpasang pada bus PCI slot (Peripheral Component Interconnect) pada komputer 32 bit dan 64 bit. Kartu VGA PCI sekarang mungkin jarang digunakan, namun kemungkinan masih ada yang memakainya di komputer pentium atau dual core.

4. VGA Card AGP

VGA Card atau AGP VGA card merupakan jenis kartu VGA yang terpasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit atau 256 bit. Kartu VGA AGP hanya bisa dipasangkan jika pada motherboard ada slot AGP, jadi VGA AGP ini bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan transfer data grafis dari CPU ke monitor. Jenis Kartu VGA AGP berdasarkan nilai volatilitasnya:
  • AGP 1x dan AGP 2x: Tegangan 3.3 Volt
  • AGP 4x dan AGP 8x: Voltage 1,5 Volt
  • AGP Universal
  • AGP Pro Universal: Tegangan 1,5 Volt dan 3,3 Volt
5. Kartu VGA PCIe (PCIe 2004)

Kartu VGA atau VGA Card PCIe ini adalah tipe VGA Card yang dipasangkan dengan rangkaian komputer slot PCIe slot (Peripheral Component Interconnect Express) sistem I / O (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x). VGA PCIe ini memiliki kecepatan transfer hingga 32GB / s sehingga mencakup perangkat teknologi terbaru yang terpasang untuk perangkat antarmuka saat ini.

Fungsi Kartu VGA pada Komputer / PC

Fungsi VGA Card utama pada komputer adalah mengolah dan menerjemahkan data grafis atau sinyal digital pada komputer ke layar dalam bentuk tampilan grafis. Pada komputer VGA onboard standar yang paling padat hanya bisa membantu display standart, tapi jika Anda pecinta game atau desain 3D, Anda memerlukan kartu VGA dengan spesifikasi lebih banyak seperti ATI atau Nvidia untuk display grafis yang lebih baik (baca: laptop asus core i3 vga nvidia). Secara umum, komputer yang memiliki kartu VGA itu memori besar bisa digunakan untuk:
  1. Buat tampilan grafis dalam bermain game seperti dota atau PC Game lainnya menjadi lebih jelas dan lebih cepat.
  2. Jadikan komputer terlihat lebih jernih, jernih dan tajam.
  3. Bisa setting pada pilihan Graphics windows
  4. Membuat kombinasi warna, grafis, dan kecepatan transfer grafis menjadi lebih baik.
  5. Buat tampilan grafis dalam bermain game seperti dota atau PC Game lainnya menjadi lebih jelas dan cepat.
  6. Jadikan komputer terlihat lebih jernih, jernih dan tajam.
  7. Bisa melakukan pengaturan pada pilihan Graphics windows
  8. Membuat tampilan kombinasi warna, grafik, dan kecepatan transfer grafis yang lebih baik.

Tips Memilih Kartu VGA yang Tepat

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan sistem komputer dengan kecepatan tinggi, serta grafis yang ciamik, maka pengguna juga harus memperhatikan pilihan VGA Card untuk sistemnya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih VGA Card untuk komputer:
  • Sesuaikan VGA Card dengan slot atau socket pada motherboard yang dimiliki.
  • Juga periksa kesesuaian antara beban listrik maksimum rumah, karena semakin besar spec komputer, maka daya yang dibutuhkan akan semakin tinggi.
  • Sesuaikan VGA Card dengan power supply yang Anda gunakan untuk komputer.
  • Memiliki inti memori kecepatan tinggi.
  • Memiliki Memori DDR 3 DDR minimum.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian VGA Card Komputer dan Fungsinya

1 komentar:

  1. Pengertian Vga Card Komputer Dan Fungsinya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Vga Card Komputer Dan Fungsinya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Vga Card Komputer Dan Fungsinya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus