Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Selasa, 21 November 2017

Pengertian Keyboard Komputer Sejarah dan Fungsinya

Pengertian Keyboard Komputer Sejarah dan Fungsinya - Keyboard adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yang merupakan perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai tombol dimana fungsi kuncinya berbeda tergantung penekanan yang bisa menghasilkan proses sesuai dengan keinginan penggunanya.

Selain sebagai alat untuk memasukkan data keyboard juga memiliki beragam tombol fungsi dengan kombinasi khusus. (baca juga : macam-macam perangkat keras komputer dan fungsinya)

Umumnya port keyboard di komputer ada 2 macam yaitu PS2 dan USB namun seiring perkembangan teknologi, sekarang keyboardnya ada yang menggunakan wireless atau tanpa menggunakan kabel.

Sejarah Perkembangan Keyboard

Awalnya tata letak keyboard asli yang dirancang oleh Christopher Latham Sholes (1868) bukanlah Qwerty. Pengaturan awal ini memungkinkan kita mengetik lebih cepat.

Tapi karena terlalu cepat dalam mengetik, sampai - sering sampai muncul masalah. Seringkali saat tombol ditekan, huruf surat (bekicot) yang menginjak pita saling terhubung / saling tangkap.

Bingung memikirkan solusi saat itu, Christopher Latham Sholes benar-benar mengacaukan urutan huruf sedemikian rupa sehingga kombinasi itu paling sulit digunakan dalam mengetik.

Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan mekanik yang sering terjadi. Ini berarti bahwa pengaturan Qwerty adalah pengaturan yang paling tidak efisien karena ini dimaksudkan agar kita mengetik lebih lambat.

Akhirnya pada tahun 1973 komposisi mesin TIK diturunkan sebagai bahan masukan komputer dan kemudian diresmikan sebagai standar ISO keyboard (International Standards Organization).

Sebenarnya ada beberapa layout keyboard standar yang saat ini digunakan. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), biasa disebut Dvorak yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.

Pengaturan Dvorak menggunakan lima vokal yang paling umum digunakan dan lima konsonan A-I-U-E-O. Pengaturan Dvorak ini memungkinkan kita mengetik lebih efisien.

Tapi mungkin karena sudah terlambat, Dvorak akhirnya harus kalah dengan susunan huruf Qwerty yang sudah banyak digunakan di dunia saat itu.

Pengaturan keyboard lain yang merupakan pengembangan setting Qwerty adalah Qwertz yang digunakan di negara-negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dan lain-lain. Azerty digunakan oleh Perancis dan Belgia, dan Qzerty, dan lainnya. (baca juga : fungsi routher pada jaringan)

Akhirnya QWERTY dinobatkan sebagai standar internasional pada tahun 1966 dan terus digunakan sampai sekarang. Meski berbeda menampilkan, harga atau model yang berbeda, orang di dunia hampir pasti menggunakan keyboard dengan tipe QWERTY seperti saat ini sedang digunakan.

Fungsi Keyboard

1. Fungsi keyboard berdasarkan keypad agar keyboard bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetikkan atau memasukkan data dokumen lalu ditampilkan di monitor PC kita.

Tombol yang diketik terdiri dari angka dan huruf yang ada di komputer.

2. ungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol adalah keyboard yang bisa menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi saat beberapa tombol digabungkan.

Misalnya jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka bisa membuka jendela explorer.

3. Fungsi keyboard berdasarkan fungsi tombol keyboard pada umumnya untuk mengatur tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti saat kita menekan F2 yang berfungsi mematikan layar pada komputer serta tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang terletak di bagian atas keyboard.

4. Fungsi keyboard berdasarkan tombol alternatenya adalah keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi tombol yang sangat berguna dalam operasi dokumen dan komputer.

5. Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi ada pada keyboard ada tombol Page Down yang berfungsi untuk menurunkan layar ke bawah. maka tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar. (baca juga : manfaat land card bagi user)

Maka tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimat, maka tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat, dan tombol navigasi adalah panah atas ke atas, ke bawah tombol panah ke kiri, lalu tombol panah kiri kiri, lalu panah kanan ke kanan dan banyak fungsi lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Keyboard Komputer Sejarah dan Fungsinya

1 komentar:

  1. Pengertian Keyboard Komputer Sejarah Dan Fungsinya >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Pengertian Keyboard Komputer Sejarah Dan Fungsinya >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Pengertian Keyboard Komputer Sejarah Dan Fungsinya >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus