Bahas Tuntas Teknologi Informasi dan Komunikasi

Senin, 20 November 2017

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya

Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya - Perangkat keras komputer atau disebut juga hardware adalah semua perangkat komputer yang bisa dilihat secara fisik atau bisa disentuh oleh nyata yang berfungsi untuk menunjang proses komputerisasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam sistem komputer.

Umumnya ada 3 bagian utama pada perangkat keras komputer yaitu bagian dari perangkat input, perangkat proses dan output.

Masing-masing bagian ini memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, dan jika salah satu bagian tersebut mengalami kendala, hal itu pasti akan mempengaruhi kinerja komputer.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi masing-masing bagian perangkat keras komputer seperti yang telah disinggung di atas.

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat input atau perangkat input juga disebut unit input yang berfungsi untuk memberikan masukan pada komputer yang kemudian akan diproses dan dieksekusi.

Contoh berbagai perangkat input komputer dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Keyboard
Keyboard
Keyboard
Keyboard adalah unit input yang paling penting dalam pengolahan data dengan komputer. Keyboard mempunyai fungsi sebagai alat uuntuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan sebagai media bagi pengguna (pengguna) untuk melakukan perintah lain yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin tik yang dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington.

2. Mouse
Mouse
Mouse
Mouse adalah perangkat keras yang terhubung ke komputer yang fungsinya sebagai drive kursor yang memberi perintah masukan atau masukan pada sistem windows.

Perangkat ini disebut mouse karena bentuk dan desainnya menyerupai mouse, dan kabel yang terhubung ke komputer juga menyerupai ekor tikus.


3. Joystick

Joystick
Joystick
Joystick ini adalah perangkat input komputer yang terlihat seperti tuas yang bisa bergerak ke arah yang berbeda. Alat ini adalah alat yang digunakan untuk melengkapi saat bermain game di komputer.

4. Scanner
 Scanner
Scanner
Scanner adalah perangkat elektronik yang dapat menangkap gambar dari item fisik dan mengubahnya menjadi format digital, yang pada gilirannya dapat disimpan di komputer, dan dilihat atau diubah menggunakan aplikasi perangkat lunak.

5. Mikrofon
Mikrofon
Mikrofon
Mikrofon adalah perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data masukan berupa suara. Mikrofon itu sendiri biasanya terhubung ke souncard.

6. Webcam
Webcam
Webcam 
Webcam adalah kamera video digital kecil yang secara langsung atau tidak langsung terhubung ke komputer atau jaringan komputer.

Webcam dilengkapi dengan perangkat lunak yang perlu dipasang di komputer untuk membantu pengguna merekam video atau mengalirkannya dari Web. Webcam mampu mengambil gambar serta video berdefinisi tinggi, meski kualitas video bisa lebih rendah dibandingkan model kamera lainnya.

Webcam juga dikenal sebagai kamera Web.

Perangkat Proses (Process Device)

1. RAM
RAM
RAM
RAM adalah memori tempat penyimpanan data sementara, saat komputer dijalankan dan bisa diakses secara acak (acak).

2. Prosesor
Prosesor
Prosesor
Prosesor (otak komputer) memberitahu komputer Anda apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya, ia menentukan tugas mana yang lebih penting dan memprioritaskannya pada kebutuhan komputer Anda.

3. Motherboard
Motherboard
Motherboard
Pengertian Motherboard adalah papan sirkuit pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik interkoneksi dimana ia bekerja untuk mengatur masalah teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengontrol koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA kartu (memori penyimpanan data grafis), prosesor & kartu tambahan (PCI, ISA). ( baca juga : Bagian-Bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya )

4. Kartu Grafis (VGA)
Kartu Grafis (VGA)
Kartu Grafis (VGA)
Kartu video dalam bahasa Indonesia disebut kartu video atau dikenal sebagai kartu display, kartu grafis atau adaptor grafis sesuai wikipedia bahasa inggris adalah kartu ekspansi yang menghasilkan gambar output yang ditampilkan.

5. Hard Disk
Hard Disk
Hard Disk
Hard Disk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) yang mendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau keluaran pengolahan data yang dilakukan oleh komputer dan manusia.

6. Power supply
Power supply
Power supply
Power supply adalah komponen perangkat keras elektronik yang memiliki fungsi sebagai pemasok arus listrik dengan terlebih dahulu mengubah voltase dari AC ke DC. Jadi arus listrik PLN yang Alternating Current (AC) masuk ke power supply, komponen ini dikonversi menjadi Direct Current (DC) dan kemudian disalurkan ke komponen lain yang dibutuhkan.

Perangkat Output (Output Device)

1. Monitor
Monitor
Monitor
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penghasil data grafis pada CPU, monitor juga sering disebut sebagai display komputer.

2. Printer
Printer
Printer
Printer adalah perangkat keras tempat perangkat akan bekerja saat pengguna menghubungkannya ke perangkat komputer, yang dapat digunakan untuk mencetak, menulis, dan mencetak di kertas atau sejenisnya.

3. Speaker

Speaker komputer adalah perangkat output pada komputer yang bekerja untuk mengeluarkan proses dari CPU dalam bentuk suara atau audio. Pembicara akan memancarkan suara yang diputar di komputer, baik dari pemutar musik atau suara video.

Pheriperal Atau Perangkat Keras Penting Lainnya

Agar komputer lebih baik dalam hal memenuhi kebutuhan pengguna, berbagai perangkat keras lainnya juga sering atau biasa digunakan seperti yang akan ditulis sebagai berikut.

1. Storage

Storage adalah memori, atau RAM. Memori adalah tempat bertugasnya prosessor, di mana program berjalan, dan di mana informasi disimpan saat sedang dikerjakan.

3. LAN Card

LAN Card merupakan salah satu perangkat antarmuka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lain yang menggunakan kabel.

Kartu LAN sendiri memiliki nama yang berbeda atau sering disebut kartu jaringan, Network Interface Card (NIC) dan Ethernet Card. ( baca juga : 5 Fungsi LAN CARD Komputer )

4. Modem (Modulator Demodulator)

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana dua kata ini berarti bahwa Modulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirim, sedangkan arti Demodulator adalah bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik. Dengan kata lain, modem adalah jenis alat komunikasi dua arah.

5. Cashing CPU

Casing komputer digunakan untuk melindungi perangkat keras pada komputer. Dengan casing, maka perangkat keras komputer lainnya akan lebih aman terhadap debu, kotoran, dan banturan.

Perangkat keras komputer seperti motherboard, harddisk, prosesor, RAM dan perangkat keras lainnya sangat peka terhadap debu dan benturan, naka dari itu membuat casing yang berfungsi untuk melindungi semua perangkat keras.

7. UPS

UPS adalah sebagai perangkat cadangan listrik saat PC atau kehilangan energi dari sumber utamanya. Yang mana UPS ini kepanjangannya adalah Uninterruptible power supply.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Pengertiannya

0 komentar:

Posting Komentar